Sekolah Bosowa Bina Insani - SMP Bosowa Bina Insani mengikuti supervisi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), awal Februari lalu. Supervisi itu dilakukukan oleh tim pengawas senior Dinas Pendidikan Kota Bogor, Jawa Barat.

“Sebanyak 152 dokumen Kepala Sekolah dicek tuntas dan  semua harus dibuktikan dengan bukti fisik. Alhamdulillah semua terlewati dengan sempurna,” kata Kepala SMP Bosowa Bina Insani, Haposan Andy.

Ia menambahkan, dirinya dibantu Tim Manajemen SMP Bina Insani. Mereka adalah  wakasek Kurikulum, wakasek Kesiswaan, koordinator Bidang Sarana, Prestasi, Keagamaan, Literasi, Ekskul Staf Administrasi dan para guru.

“Mengambil pelajaran dari hasil supervisi tersebut,  sekolah merupakan society mini dan kepala sekolah harus mampu menggerakkan, menginspirasi dan memotivasi semua warga sekolah di dalamnya serta memanfaatkan semua sumber daya yang ada. Semua itu penting untuk mencapai tujuan dan misi sekolah,” paparnya. 

Ia mengemukakan, peran kepala sekolah harus membuat perubahan.  Sedangkan pengawas sekolah jadi vocal point  untuk pelaksana sekolah agar bisa berkembang. “Oleh sebab itu tugas kepala sekolah tidaklah mudah dan tidak gampang,” ujarnya.

Haposan Andy me nyebutkan, ada tujuh  prinsip yang digali saat Penilaian Kepala Sekolah. Pertama, Kepala Sekolah sebagai pemimpin. Tugasnya adalah:  memiliki tanggung jawab dengan tugas dan dapat dipercaya;   memahami kondisi dari guru, staf dan murid didiknya; mempunyai visi dan misi untuk sekolahnya;  memiliki hak mengambil keputusan baik intern mapun ekstern; dan memiliki gagasan baru.

 

baca selengkapnya disini

https://www.republika.co.id/berita/q5kv6o374/supervisi-kepala-sekolah-smp-bina-insani-dinilai-sukses

Bagikan

Komentar

Komentar

Tinggalkan Komentar anda